Selasa, 06 Oktober 2009

SOAL SENI TEATER

 Sebutkan jenis teater etnik berdasar kelompok sosial penciptanya??
Jawab:
a.)Teater Rakyat
b.)Teater Keraton/Kabupaten

 Sebutkan pengertian “skeneri” secara luas?
Jawab:
Dalam pengertian yang luas “skeneri”adalah suasana sekitar gerak laku diatas pentas yang didukung oleh perwujudan benda-benda yang menunjang media utama(pemeran),seperti kostum,tat arias,peralatan,perabotan,dekor,dan lampu yang menyebabkan benda-benda atau unsure-unsur penunjang tersebut kelihatan.

 Apakah fungsi dari Skeneri itu?
Jawab:
1.)Memberikan suasana sekitar dan
menempatkan gerak laku
2.)Memperkuat gerak laku
3.)Mendandani gerak laku



 Sebutkan dua macam teori tentang warna!
Jawab:
a.)Teori warna dari segi fisik
b.)Teori pembgian warna menurut perasaan


 Rias dapat dibedakan atas 8 macam,sebutkan!
Jawab:
1.)Rias jenis
Rias jenis dilakukan bila perias harus mengubah laki-laki menjadi seorang wanita atau sebaliknya.

2.)Rias bangsa
Rias bangsa terjadi bila misalnya pemain bangsa Indonesia harus melakukan peranan sebagai orang inggris.untuk itu diperlukan pengetahuan tentang berbagai sifat bangsa-bangsa,tipe dan wataknya,agar pemanggungan bisa sesuai.
3.)Rias usia
Rias usia misalnya mengubah seorang pemuda menjadi seorang kakek tua.untuk itu diperlukan pengetahuan mengenai anatomi manusia dari berbagai umur.

4.)Rias tokoh
Rias tokoh memang amat sukar dilaksanakan.memang ada hubungan antara bentuk luar dan watak seseorang,tetapi pedoman itu sukar dipegang oleh seniman rias.maka lebih jelas kalau pengerian rias watak digabungkan dengan rias tokoh,sebab didalam masyarakat orang data embedakan antar tokoh pelacur dan tokoh ibu yang shaleh,umpamanya.masina-masing jelas menunjukkan watak dan bentuk luaryang berlainan.


5.)rias watak
Rias watak hamper sama dengan rias tokoh.

6.)rias temporal
Rias temporal ialah merias menurut perbedaan-perbedaan karena wktu.misalnya seseorang yang bangun tidur membutuhkan rias yang berbeda dengan orang yang akan pergi ke pesta,dsb.

7.)Rias aksen
Rias aksen hanya memberikan tekanan kepada pelaku yang sudah mendekati perann yang akan dimainkannya.umpama nya pemuda jawa yang harusmemainkan peranan pemuda jawa hanya membutuhkan rias aksen.

8.)Rias lokal
Rias lokal ialah rias yang ditentukan oleh tempat.Umpamanya rias seorang narapidana dipenjara akan berbeda dengan rias sesudah dia dilepaskan dari penjara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar